Kreativitas anak usia dini adalah
kreativitas alamiah yang dibawa dari sejak lahir dan merupakan kemampuan untuk
menghasilkan pemikiran-pemikiran yang asli, tidak biasa, dan sangat fleksibel
dalam merespon dan mengembangkan pemikiran dan aktivitas. Kreativitas
alami seorang anak usia dini terlihat dari rasa ingin tahunya yang besar. Hal
ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada orang tuanya
terhadap sesuatu yang dilihatnya. Adakalanya pertanyaan itu diulang-ulang dan
tidak ada habis-habisnya. Selain itu, anak juga senang mengutak-atik alat
mainannya sehingga tidak awet dan cepat rusak hanya karena rasa ingin tahu
terhadap proses kejadian. Kreativitas anak dapat dikembangan dengan cara-cara
di bawah ini:
a.   
Dengan bermain
     Bermain adalah
awal dari perkembangan kreativitas, karena dalam kegiatan yang menyenangkan
itu, anak dapat mengungkapkan gagasan-gagasan secara bebas dalam hubungan
dengan lingkungannya. Oleh karena itu kegiatan tersebut dapat dijadikan dasar
dalam mengembangkan kreativitas anak.
b.   
Melatih kemampuan otak kanan
     Yaitu dengan
cara mengajak anak-anak  bernyanyi,
 berpuisi, menggambar,  dan  berbagai   macam
 kegiatan kreatif lainnya, agar kemampuan otak  kanan dapat bekerja
 dengan lebih  optimal.  Di sekolah,  biasanya anak-anak
akan lebih cenderung menggunakan otak  kiri,  dan  bila
kemampuan otak kanan dan kiri bisa bekerja dengan baik dan seimbang,  maka
anak-anak  tidak hanya akan berpeluang mendapatkan prestasi  di
bidang  akademis saja,  melainkan bisa meraih prestasi-prestasi
 di bidang yang  lain, misalnya kesenian.
c.   
Berkreasi setiap hari
     Kita bisa
mengajarkan anak untuk membuat sesuatu yang kreatif, misalnya dengan  menggambar,  melipat
 kertas,  bermain game, bermain permainan-permaian edukatif,
 bernyanyi,  bercerita, dan masih banyak lagi.
d.   
Beri anak pengalaman baru
     Berikanlah waktu khusus untuk anak
dengan mengajaknya ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjunginya seperti
museum, kebun binatang dan taman rekreasi. Hal-hal baru ini dapat meningkatkan
atau merangsang imajinasi anak sehingga krativitas anak semakin meningkat.
e.   
Meningkatkan perbendaharaan kata pada anak
     Semakin  tinggi  
perbedaharaan kata  anak,  maka seorang  anak akan menjadi
 lebih mudah  dalam memahami  seseuatu. Misalnya dengan kegiatan
membaca, mendongeng, bercerita pengalaman, tanya jawab, bernyanyi, dsb.
f.   
Melatih kemampuan mendengar anak
     Misalnya, dengan menggunakan Tape dan
Laoudspeaker. Alat-alat tersebut bisa 
digunakan untuk melatih kemampuan mendengar anak-anak dalam
 belajar bahasa  Inggris. Agar indera pendengaran  bisa
 terlatih dengan baik,  lebih baik kita sering-sering  mengajak
anak untuk mendengarkan lagu atau cerita, lalu menanyakan hal-hal yang
berhubungan dengan lagu atau  cerita tersebut , misalnya dengan cara
tebak-tebakan.
g.   
Sediakan fasilitas yang mendukung kreativitas anak
     Misalnya mainan
bongkar pasang, balok susun, puzzle. Ketika bermain permainan ini, anak akan
masuk pada imajinasinya sendiri. Hal ini akan sangat merangsang proses berfikir
dan kreativitas anak.
 
Artikelnya sangat menarik, silahkan mampir juga ke nadiguru ya! Tumbuhkan Kreativitas Anak di Rumah dan Sekolah
BalasHapushttp://www.nadiguru.web.id/2016/03/tumbuhkan-kreativitas-anak-di-rumah-dan.html
Membangun kreativitas anak sangatlah penting karena masa kanak-kanak adalah masa emas dimana segala hal menjadi lebih indah yang tak akan dapat di ulang kembali, tingkatkan kreativitas anak dengan memberikan waktu bersama http://masihakudisini.info/staedtler-pensil-terbaik-untuk-anak-bunda/?i=1
BalasHapus