Minggu, 17 Juni 2012

Tips Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini

Kreativitas anak usia dini adalah kreativitas alamiah yang dibawa dari sejak lahir dan merupakan kemampuan untuk menghasilkan pemikiran-pemikiran yang asli, tidak biasa, dan sangat fleksibel dalam merespon dan mengembangkan pemikiran dan aktivitas. Kreativitas alami seorang anak usia dini terlihat dari rasa ingin tahunya yang besar. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada orang tuanya terhadap sesuatu yang dilihatnya. Adakalanya pertanyaan itu diulang-ulang dan tidak ada habis-habisnya. Selain itu, anak juga senang mengutak-atik alat mainannya sehingga tidak awet dan cepat rusak hanya karena rasa ingin tahu terhadap proses kejadian. Kreativitas anak dapat dikembangan dengan cara-cara di bawah ini:
a.    Dengan bermain
     Bermain adalah awal dari perkembangan kreativitas, karena dalam kegiatan yang menyenangkan itu, anak dapat mengungkapkan gagasan-gagasan secara bebas dalam hubungan dengan lingkungannya. Oleh karena itu kegiatan tersebut dapat dijadikan dasar dalam mengembangkan kreativitas anak.

b.    Melatih kemampuan otak kanan
     Yaitu dengan cara mengajak anak-anak  bernyanyi,  berpuisi, menggambar,  dan  berbagai   macam  kegiatan kreatif lainnya, agar kemampuan otak  kanan dapat bekerja  dengan lebih  optimal.  Di sekolah,  biasanya anak-anak akan lebih cenderung menggunakan otak  kiri,  dan  bila kemampuan otak kanan dan kiri bisa bekerja dengan baik dan seimbang,  maka anak-anak  tidak hanya akan berpeluang mendapatkan prestasi  di bidang  akademis saja,  melainkan bisa meraih prestasi-prestasi  di bidang yang  lain, misalnya kesenian.

c.    Berkreasi setiap hari
     Kita bisa mengajarkan anak untuk membuat sesuatu yang kreatif, misalnya dengan  menggambar,  melipat  kertas,  bermain game, bermain permainan-permaian edukatif,  bernyanyi,  bercerita, dan masih banyak lagi.

d.    Beri anak pengalaman baru
     Berikanlah waktu khusus untuk anak dengan mengajaknya ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjunginya seperti museum, kebun binatang dan taman rekreasi. Hal-hal baru ini dapat meningkatkan atau merangsang imajinasi anak sehingga krativitas anak semakin meningkat.

e.    Meningkatkan perbendaharaan kata pada anak
     Semakin  tinggi   perbedaharaan kata  anak,  maka seorang  anak akan menjadi  lebih mudah  dalam memahami  seseuatu. Misalnya dengan kegiatan membaca, mendongeng, bercerita pengalaman, tanya jawab, bernyanyi, dsb.

f.    Melatih kemampuan mendengar anak
     Misalnya, dengan menggunakan Tape dan Laoudspeaker. Alat-alat tersebut bisa  digunakan untuk melatih kemampuan mendengar anak-anak dalam  belajar bahasa  Inggris. Agar indera pendengaran  bisa  terlatih dengan baik,  lebih baik kita sering-sering  mengajak anak untuk mendengarkan lagu atau cerita, lalu menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan lagu atau  cerita tersebut , misalnya dengan cara tebak-tebakan.

g.    Sediakan fasilitas yang mendukung kreativitas anak
     Misalnya mainan bongkar pasang, balok susun, puzzle. Ketika bermain permainan ini, anak akan masuk pada imajinasinya sendiri. Hal ini akan sangat merangsang proses berfikir dan kreativitas anak.

2 komentar:

  1. Artikelnya sangat menarik, silahkan mampir juga ke nadiguru ya! Tumbuhkan Kreativitas Anak di Rumah dan Sekolah
    http://www.nadiguru.web.id/2016/03/tumbuhkan-kreativitas-anak-di-rumah-dan.html

    BalasHapus
  2. Membangun kreativitas anak sangatlah penting karena masa kanak-kanak adalah masa emas dimana segala hal menjadi lebih indah yang tak akan dapat di ulang kembali, tingkatkan kreativitas anak dengan memberikan waktu bersama http://masihakudisini.info/staedtler-pensil-terbaik-untuk-anak-bunda/?i=1

    BalasHapus