Senin, 18 Juni 2012

Pentingnya Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak


          Pendidikan bagi anak melalui tiga tahap lingkungan,yaitu keluarga,sekolah dan masyarakat. Keluarga adalah tempat paling penting dalam pembentukan karakteristik dan perkembangan  anak, serta merupakan pusat pendidikan bagi anak. Walaupun sekolah sebagai tempat pendidikan formal namun anak hanya beberapa jam saja berada di sekolah selanjutnya anak akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Dalam hal tersebut orang tua berperan penting dan bertanggung jawab penuh bagi perkembangan sang anak. Orang tua memberikan pendidikan dasar tentang sikap, ketrampilan, dan spiritual.
          Pendidikan dasar spiritual atau keagamaan yaitu, percaya akan adanya Tuhan. Tuhan adalah  pencipta seluruh alam semesta ini. Mengajarkan budi pekerti, kasih sayang antar sesama, tolong- menolong, sopan santun, dan menanamkan kebiasaan-kebiasaan baik seperti, cuci tangan sebelum makan, makan mengunakan tangan kanan, mencium tangan  bila bertemu dengan orang yang lebih tua, mengucap salam saat masuk rumah serta masih banyak lainya.
          Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika pendidikan dalam keluarga itu baik, maka anak akan menunjukkan peningkatan prestasi belajarnya, diiringi dengan moral yang baik dan kesadaran dan rasa tanggung jawab yang besar akan segala tugas yang dimilikinya.
          Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat terhadap 15000 remaja,menunjukkan bahwa bila peranan keluarga dalam pendidikan anak berkurang,terabaikan atau bahkan tidak dilakukan,maka dampak yang terjadi dalah sebagai berikut:
1.   Peningkatan jumlah anak yang hamil diluar nikah
2.   Peningkatan kriminalitas yang dilakukan olehanak-anak atau remaja.
3.   Patologi psikososial
Sesuai  hasil penelitian tersebut,maka US Department of Justicepada tahun 1988 menyatakan bahwa tidak adanya peranan keluarga dalam pendidikan anak menjadi penentu yang paling signifikan bagi tindak kriminal dan kekerasan anak.
Dari hal diatas dapat disimpulkan bahwa begitu pentingnya keluarga dalam pendidikan anak.Maka berikan lah pondasi yang baik,pondasi yang baik dalam hal ini adalah pendidikan dasar bagi anak yang kelak akan  menjadi bekal kehidupan mereka.
Sumber
Buku “Pendidikan Anak Usia Dini”
Oleh Maimunah Hasan

Nama: Tri Idawati
NIM: K8111068


Tidak ada komentar:

Posting Komentar