Rabu, 06 Juni 2012

Meningkatkan Percaya Diri Anak Dengan Belajar Angka

MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK DENGAN BELAJAR ANGKA

 

Salah satu jenis kecerdasan di dalam Multiple Intelligence yang berhubungan dengan kesiapan anak masuk sekolah adalah Kecerdasan Logis / Numeris  Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menstimulasi kecerdasan ini . Kemampuan anak dalam berhitung juga akan memberikan multiple effect terhadap perkembangan kecerdasan lainnya , seperti Kecerdasan Diri . Kecerdasan ini mengacu pada kemampuan otak yang sedang berkembang untuk bermain-main dengan urutan angka dan dapat berkembang pesat dengan latihan-latihan.

            Salah satunya adalah dengan bermain tentang berhitung dan angka sejak usia sedini mungkin dalam berbagai bentuk permainan yang menyenangkan .

            Anak yang sudah bisa berhitung pada saat sekolah terbukti mempunyai tingkat percaya diri yang tinggi dan ini memudahkan anak beradaptasi dengan lingkungannya.

            Banyak jenis permainan angka atau berhitung dalam permainan sehari-hari. Misalnya, naik tangga sambil menghitung jumlah tangganya merupakan permainan yang sangat disukai anak sejak dia mulai belajar berjalan . Permainan ini sekaligus bisa mendorong anak untuk berlatih berjalan.Dan disetiap kesempatan , jadikan berhitung sebagai bentuk permainan.

            Ketika anak sudah bisa mengerti tentang angka ,dan sudah mengerti konsep waktu (pagi,siang,malam) , biasanya anak akan mulai tertarik denan konsep jam.

`           Ini kesempatan yang sangat baik untuk mengajarkan cara membaca jam .Kemampuan membaca jam akan mampu meningkatkan kepercayaan diri anak.Selain itu , bagi orang tua juga akan mempermudah melatih disiplin anak dalam membagi kegiatan sehari-hari.

            Misalnya, jika sebelumnya kita tidak mudah menghentikan kegiatan bermain anak pada waktu mandi sore, karena anak sudah mampu membaca jam,akan jauh lebih mudah mengajarkan batasan waktu kapan anak harus memulai dan menghentikan suatu kegiatannya.

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar