Selasa, 19 Juni 2012

Tidur Siang Untuk Balita


Di usia balita, anak menghabiskan waktu dengan mengeksplorasi segala sesuatu di sekitar mereka sehingga kerap kehilangan waktu tidur siang. Padahal, tidur siang memberi dampak luas pada pertumbuhan dan kesehatan mental anak. Tidur merupakan kebutuhan utama yang baik bagi kesehatan, dan untuk anak-anak penting mendapatkan waktu tidur yang cukup termasuk tidur di siang hari. Tidur di siang hari, tak hanya menghilangkan rasa lelah pada anak. Tetapi juga dapat mencegah penghambatan pertumbuhan anak. Hal ini karena tidur membantu pertumbuhan dan proses peremajaan yang terjadi pada anak.
Manfaat tidur siang bagi anak :
  1. Membantu menjaga anak agar tidak terlalu lelah yang bisa mempengaruhi suasana hatinya seperti rewel dan mudah marah
  2. Membantu meningkatkan memori anak yang membuat otak kembali fresh sehingga ia akan lebih mudah menerima rangsangan yang diberikan
  3. Memberikan tubuh si kecil kesempatan untuk beristirahat
  4. Meningkatkan ingatan kita atau memori pada otak. Nah, menurut penelitian terbaru anak-anak yang tidur siang secara teratur selama 45 menit memori dan kemampuan belajarnya akan meningkat.
  5. Tidur siang juga membuat anak-anak-anak lebih sehat. Karena, dengan tidur siang kalian cukup beristirahat sehingga badan lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit.
Associated Professional Sleep Societies telah meneliti sebanyak 62 anak. Dari penelitian tersebut terungkap bahwa anak yang memiliki kebiasaan tidur siang mempunyai tingkat stress yang rendah dan jauh dari kegelisahan atau hiperaktif dan depresi. Anak-anak ini biasa tidur siang rata-rata tiga atau empat hari seminggu. Simpulan penelitian terbaru menyebut, balita yang tidak tidur siang atau kurang waktu tidur di siang hari lebih cenderung mengalami stres dan merasa tak bahagia. Anak-anak ini juga cenderung berisiko mengalami masalah kesehatan mental selama kehidupan mereka di masa dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar