Selasa, 12 Juni 2012

Permainan Komputer untuk Anak Usia Dini

Pada awalnya komputer diciptakan hanya untuk membantu dan mempermudah pekerjaan ilmuan dan militer. Namun sekarang, seiring perkembangan zaman komputer berfungsi dalam segala bidang dari ekonomi sampai pendidikan. Hampir semua bidang kehidupan saat ini sangat memerlukan komputer, maka dari itu ketrampilan menggunakan komputer menjadi sangat penting diperlukan dalam proses belajar /mengajar dari TK sampai Universitas, dan dalam kehidupan sehari hari.

Dalam dunia pendidikan, khususnya untuk anak usia dini, komputer sangat membantu sebagai media pembelajaran, alat uji dan alat peraga dalam proses belajar mengajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Namun dalam penggunaan Komputer di PAUD tetap memerlukan peran pengajar / guru agar anak dapat berinteraksi dengan komputer sesuai dengan kebutuhannya.

Interaksi antara anak dengan komputer cenderung lebih cepat dan lebih objektif hal ini dikarenakan komputer memiliki sifat yang menarik perhatian anak.



Progam simulasi atau  software yang baik untuk pendidikan anak ialah disesuaikan dengan usia. Para Guru/Orangtua harus memahami perkembangan pemahaman anak, Untuk anak usia 0-2 tahun anak mendapat pemahaman dari panca indra dan bahasa isyarat, Mulai Usia 3 tahun, anak mulai menggunakan bahasa dan lambang/simbol tertentu bahkan sudah mulai bisa memahami logika.

Keunggulan komputer untuk anak-anak ialah pada program/software “edutainment” gabungan EDUcation (pendidikan) dan EnterTAINMENT (hiburan). Karena masa kanak kanak ialah masa penuh keceriaan/ hiburan & Program “edugame” gabungan EDUcation (pendidikan) dan game (permainan).

Contoh Software Permainan untuk anak usia dini :
Program Pembelajaran Anak CERDAS (cermat, rajin, & asik) adalah salah satu program buatan lokal yang cukup komplit untuk edukasi anak usia dini. Program yang di buat menggunakan Macromedia Director ini meliputi pembelajaran Membaca, Menggambar, Mengitung dan Game Cerdas. Software ini adalah salah satu karya mahasiswa di STIMIK AMIKOM Yogyakarta. Software ini sangat diminati oleh masyarakat luas.

Berikut adalah tampilan awal program pembelajaran anak cerdas :


Isi dari program ini antara lain :
  1. Mengenal huruf A – Z , huruf kapital & kecil, beserta video cara penulisan
  2. Mengenal Angka 1 – 20
  3. Mengenal Nama hewan & benda sekitar
  4. Mengenal Suara hewan sekitar
  5. Menggambar unik
  6. Belajar menghitung gambar
  7. Kuis berhitung & Kuis menebak suara hewan
  8. Game Puzzle
Untuk mendownload software game edukasi untuk anak usia dini klik disini

Semoga bermanfaat bagi kita semua.


Referensi : maskukuh.com

2 komentar:

  1. bermain sambil mendapatkan hal-hal yang bermanfaat

    BalasHapus
  2. permainan edukasi anak lebih baik dari pada anak-anak kita main game yang tidak mengedukasi

    BalasHapus